Translate

Kamis, 28 April 2011

Sentuhan Hati..........

Sentuhan Hati..........

oleh Soma Jenar pada 11 Agustus 2010 jam 23:35
 
Ramadhan adalah bulan perasaan dan ruhani, serta saatuntuk menghadapkan diri kepada Allah. Sejauh yang saya ingat, ketikabulan Ramadhan menjelang, sebagian Salafush Sholih mengucapkan selamattinggal kepada sebagian lain sampai mereka berjumpa lagi dalam sholat'Id. Mereka rasakan adalah ini bulan ibadah, bulan untuk melaksanakanshiyam (puasa) dan qiyam (shalat malam) dan kami ingin menyendiri hanyadengan Rob kami.
Jikasebagian besar waktu selama setahun telah digunakan untuk mengadakankajian-kajian tentang Al-Qur'an, maka jadikan Ramadhan ini kita gunakanuntuk melaksanakan hasil dari kajian-kajian tersebut. MengkhatamkanAl-Qur'an satu kali di bulan Ramadhan. Ini merupakan cara mengkhatamkanyang indah. Jibril biasa membacakan dan mendengarkan bacaan Al-Qur'andari Nabi saw. Sekali dalam setahun.Rasul saw. mempunyai sifatdermawan, dan sifat dermawan beliau ini paling menonjol terlihat padabulan Ramadhan ketika Jibril membacakan dan mendengarkan bacaanAl-Qur'an. Sesungguhnya Rasul saw lebih dermawan dan pemurahdibandingkan dengan angin yang bertiup.(Hadist riwayat Al-Bukhari dan Muslim)
Kebiasaanmembacakan dan mendengarkan bacaan Al-Qur'an ini terus berlangsungsampai pada tahun ketika Rasulullah saw. diberi pilihan untuk menghadapkepada Ar-afiq Al-A'la (Allah swt), maka ketika itu Jibril membacakandan mendengarkan bacaan Al-Qur'an beliau dua kali. Ini merupakanisyarat bagi Nabi saw. bahwa tahun ini merupakan tahun terakhir beliauhidup di dunia.
Ramadhan adalah bulan Al-Qur'an. Rasulullah saw. pernah bersabda mengenainya,Puasadan Al-Qur'an itu akan memberikan syafaat kepada hamba di hari kiamat.Puasa akan berkata, 'Ya Rabbi, aku telah menghalangi-nya dari makan dansyahwat, maka perkenankanlah aku memberikan syafa 'at untuknya.'Sedangkan Al-Qur'an akan berkata, 'Ya Rabbi, aku telah menghalanginyadan tidur di malam hari, maka perkenankan aku memberikan syafaatuntuknya. 'Maka Allah memperkenankan keduanyamemberikan syafaat.(HR. Imam Ahmad dan Ath Thabrani)
Berusahalahagar hati kita menyatu dengan Allah swt. Pada malam-malam bulan muliaini. Sesungguhnya puasa adalah ibadah yang dikhususkan oleh Allah swt.bagi diri-Nya sendiri.
Hadits Qudsi:(HR. Ibnu Huzaimah,dlm shahihnya, dari Abu Hurairah sanad sahih)"Tiap-tiapamalan anak Adam adalah untuknya, kecuali puasa. la untuk-Ku dan Akuakan memberikan balasannya.Dia tidak makandemi mematuhi perintah Ku,dia tidak minum demi mematuhi perintah Ku dan dia tidak mengadakanhubungan seksual dengan isterinya demi mematuhi perintah KU"
Puasadi dalamnya tidak terkandung apa pun selain larangan. Ia harusmelepaskan diri dari bermacam keinginan terhadap apa yang menjadibagian dirinya. Bila kita terhalang untuk berjumpa satu sama lain, makakita akan banyak berbahagia kerana bermunajat kepada Allah swt. Danberdiri di hadapan-Nya, khusus-nya ketika melaksanakan shalat tarawih.
Hendaklahsenantiasa memastikan bahwa kita semua berpuasa kerana melaksanakanperintah Allah swt. Maka berusahalah sungguh-sungguh untuk besertadengan Rob kita dengan hati kita pada bulan mulia ini. Ramadhan jugaadalah bulan keutamaan. Ia mempunyai kedudukan yang agung di sisi Allahswt.
"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulanRamadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'ansebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenaipetunjuk itu dan pembeza (antara yang haq dan yang batil)."(Al-Baqarah:185)
AllahYang Maha Benar meletakkan ayat ini di tempat ini untuk menunjukkanbahwa Allah paling dekat kepada hamba-Nya adalah pada bulan mulia ini.Allah swt. telah mengistimewakan bulan Ramadhan. Mengenai hal initerdapat beberapa ayat dan hadits.
Rasullulah saw. bersabda,"Jikabulan Ramadhan datang, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu nerakaditutup, syaitan-syaitan dibelenggu, kemudian datang seorang penyerudari sisi Allah Yang Mahabenar swt "Wahai pencari kejahatan,berhentilah! Dan wahai pencari kebaikan, kemarilah!'"
sehingga Allah mengampuni mereka dan menjadikan mereka hamba-hamba yang dicintai dan didekatkan kepada Allah.
Keutamaandan keistimewaan paling besar bulan ini adalah bahwa Allah swt. telahmemilihnya menjadi waktu turunnya Al-Qur'an. Inilah keistimewaan yangdimiliki oleh bulan Ramadhan. Kerana itu, Allah swt. mengistimewakandengan menyebutkannya dalam kitab-Nya.
"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an."(Al-Baqarah:185)
Hakikatspiritual atas hakikat material dalam diri manusia. Ini bererti, bahwajiwa, ruh, dan pemikiran manusia pada bulan Ramadhan akan menghindarituntutan-tuntutan jasmani. Dalam keadaan seperti ini, ruh manusiaberada di puncak kejernihannya, kerana ia tidak disibukkan oleh syahwatdan hawa nafsu. Ketika itu ia dalam keadaan paling siap untuk memahamidan menerima ilmu dari Allah swt. Kerana itu, bagi Allah, membacaAl-Qur'an merupakan Ibadah paling utama pada bulan Ramadhan yang mulia.


diusun dari: Hadith Tsulasa: Renungan tentang Bulan Ramadhan
oleh Hassan Al-Banna
http://my.opera.com/azmanuhaa/blog/renungan-ramadhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar