Translate

Senin, 22 November 2010

Penataran Pra Nikah


Intinya sih penataran tadi kita berdua diingatkan lagi perihal tugas suami, tugas istri dan tips tips menjelang pernikahan. Kata pak penghulu tugas suami itu antara lain :
  • Sebagai Pemimpin Rumah Tangga
  • Membimbing dan mendidik istri dan anak-anak agar taat dan patuh kepada Allah SWT
  • Menafkahi lahir batin
Kesannya simpel ya tapi beuuh makna dan prakteknya berat bo. Sedangkan tugas istri juga tak kalah berat :
  • Menjaga kehormatan suami
  • Menjaga kehormatan diri sendiri
  • Menjaga kehormatan rumah tangga kita
Terus pak penghulu juga mewanti-wanti agar istri bisa menurut sama suami. Soalnya katanya kalau suami gak ridho, Allah juga gak ridho sama kita. Eh buseeet.. Huks langsung ngelirik ke si mas deh. Udah gak boleh kurang ajar lagi sama si mas kalau dia sudah jadi suami aku. Huehehehe.. Berarti 2 minggu terakhir ini di puas-puasin deh gangguin dia.. :lol:Satu hal yang bikin aku sedikit menganga, pas dengar dari penghulu kalau tugas istri yang penting adalah seorang istri harus pintar mengelola uang. Huehehehehehe.. yah si pak penghulu kagak tau ya aku ini shopaholic berat.. Huehehehe kalau gak belanja gak afdol rasanya.. Tapi harus belajar yaaah.. belajaar.. belajar manajemen rumah tangga.. belajar menahan nafsu belanja.. Syapa tau setelah nikah nafsu belanjanya bisa dialokasikan ke nafsu yang lain.. *sambilmeliriksimasdenganmupeng ;)  Huehehehehehehehe..
Kemudian pak penghulu juga bilang kalau pe-er kita berdua itu adalah Bagaimana menciptakan kondisi rumah tangga yang tenang, bahagia, adem dan tentram… Kuncinya adalah iman dan takwa kepada Allah SWT. Kita berdua diwanti-wanti untuk selalu mendirikan sholat di dalam rumah tangga, kalau bisa sholat berjamaah dijadikan suatu kebiasaaan. Tidak lupa mengisi rumah kita dengan alunan bacaan Al-Quran..  Kita juga diingatkan kalau menikah ini bukanlah suatu coba-coba belaka.. Kita harus siap dengan badai yang akan menerjang. Dan apapun itu yang terjadi kita harus bisa melewati badai tersebut dengan utuh..
Dan 2 hal utama yang ditekankan ke kita berdua dalam menjalani pernikahan nanti. Harus SABAR dan MENAHAN EMOSI. Huahahahahaha.. pas diomongin itu semua mata pada menuju ke gw.  :lol:  Karena memang diantara mas dan aku, aku yang paling tidak sabaran dan lumayan emosian. Sedangkan si mas kebalikannya banget dari aku deh. Hehehe bagus dooong.. Jadi mas bisa membimbing aku biar lebih sabar dan bisa menahan emosi. Amiin deh..
Intinya sih kurang lebih begitu dari pak penghulu. Pak penghulu lalu mempersilahkan papa mama untuk menambahkan nasihat. Papa dan mama menambahkan kalau diantara kita komunikasi harus selalu terjaga. Jadi NO MORE SECRETS between us. Dan harus saling mengimbangi. Jadi ibarat mobil, kalau yang satu ada yang sedang nge gas, yang satu harus pegang rem nya. Begitu juga sebaliknya. Kalau dua-duanya nge gas bisa celaka, atau kalau dua-duanya nge rem bisa gak kemana-mana juga rumah tangganya. Harus selalu mengimbangi deeh..
Hehehe pokoknya tadi cukup enak lah, penatarannya sersan. Serius tapi santai. Setelah selesai, pak penghulu minta konfirmasi nama lengkap kita, nama lengkap para saksi dan jumlah mas kawin. Si papa juga bicara mengenai hal-hal teknis pada saat acara. Naah mas ngobrol-ngobrol itu ada isu mengenai pembacaan janji taklik pernikahan. Si papa konfirmasi saja mengenai keharusan pembacaan janji taklik pernikahan setelah akad nikah. Soalnya waktu keponakannya si papa menikah di Jawa Timur itu tidak dibacakan, setau papa dulu itu wajib dibacakan.
Pak penghulu konfirmasi kalau menurut UU yang baru (baru setahun berlaku) kalau janji taklik pernikahan tidak wajib dibacakan soalnya sudah tercantum di buku nikah dan sudah di tanda tangani oleh pengantin pria. Tapi kata pak penghulu kalau mau dibacakan juga tidak apa-apa. Si papa kepingin si mas membaca janji taklik setelah akad nikah. Soalnya katanya dibaca di dalam hati dengan dibaca di depan banyak orang itu beda. Si mas juga tidak keberatan, katanya juga biar afdol.. :)Yo wis kalau begitu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar